Friday, February 16, 2018

New - Fitur - Fitur Keamanan Pada Mobil - Bahlul TV

  1. Headrest / Sandaran Kepala
    Tidak banyak yang tahu jika headrest atau sandaran kepala merupakan salah satu fitur keamanan. Headrest sengaja di design bisa di cabut dengan ujung besi berbentuk runcing, dimana headrest ini berfungsi untuk memecahkan kaca mobil dari dalam saat keadaan darurat. Banyak korban tidak terselamatkan dikarenakan terjebak di dalam kendaraan ketika terjadi kecelakaan atau pun kebakaran.

    selain berfungsi sebagai alat pemecah kaca mobil, headrest juga berfungsi untuk menopang beban leher ketika mengalami benturan keras.  tekanan kebelakang ketika terjadi kecelakaan akan mengakibatkan leher cidera dan berakibat bahaya dengan resiko cacat fisik dan bahkan kematian.

    Selain itu juga, headrest mempunya fungsi hiburan atau tempat meletakkan monitor tambahan untuk penumpang belakang. dengan tambahan fitur ini menjadikan mobil anda lebih elegan.

    Sumber : https://pixabay.com/id/dvd-headrest-tv-di-mobil-tv-headrest-2707672/

  2. Sabuk Pengaman
    Sabuk pengaman berfungsi agar penumpang tetap berada di tempat duduk ketika terjadi kecelakaan atau keadaaan darurat. sabuk pengaman di rancang sedemikian rupa agar nyaman dan dapat melindungi penumpang dari luka. misalnya saja saat terjadi pengereman mendadak, sabuk pengaman dapat menahan penumpang pada bagian belakang tidak berbenturan penumpang di depannya, sedangkan penumpang dipada sisi depan tidak membentur stir atau dashboard mobil.

    ada beberapa jenis sabuk pengaman, diantaranya :
    • Pangkuan
      Sabuk pengaman jenis pangkuan bisa di jumpai pada pesawat terbang, mobil tua dan pada bagian kursi tengah mobil baru. penggunaan jenis ini di pasangkan melingkari bawah perut.
    • Otomatis
      Sabuk jenis ini banyak di gunakan pada mobil mewah pada tahun 1990an seperti ford.
    • Sash
      Jenis ini sangat jarang di gunakan, dengan penggunaan melintang melewati bahu, membuat pengguna sabuk pengaman jenis ini dapat terlepas dari ikatan.
    • Dua Titik
      Sabuk pengaman diagonal, dengan dua titik penahan bahu membuat penggunaan sabuk pengaman jenis ini juga terbilang kurang aman, sehingga jarang di gunakan.
    • Pangkuan Dan Sash
      Jenis ini biasanya di gunakan di bagian belakang dengan sistem pengaman terpisah atau kombinasi antara jenis pangkuan dan jenis sash. tetapi untuk jenis ini saat ini sudah di gantikan dengan jenis tiga titik
    • Tiga Titik
      jenis ini banyak di gunakan pada kendaraan saat ini, sabuk pengaman perpaduan antara pangkuan dan sash.

  3. Airbag
    Tentu saja airbag merupakan salah satu fitur kesalamatan yang sangat penting pada kendaraan, airbag berfungsi menjaga penumpang mengalami benturan saat terjadi kecelakaan. airbag berfungsi ketika terjadi benturan keras, kemudian sensor mengirimkan signal ke airbag agar mengembang untuk melindungi penumpang pada bagian leher, dada dan kepala. posisi airbag pada umumnya berada di dashboar dan stir mobil, tetapi untuk tipe tertentu, airbag juga berada pada pintu mobil.

No comments:

Post a Comment

New - Tips Menghemat Bahan Bakar - Bahlul TV

Situasi atau kondisi padatnya lalu lintas yang di akibatkan jumlah kendaraan melampaui kapasitas jalan menjadikan kemacetan tak terhindarkan...