Thursday, February 15, 2018

New - Tips Merawat Batterai Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama - Bahlul TV

Batterai adalah salah satu bagian penting bagi kendaraan anda, tanpa batterai kendaraan tidak akan dapat digunakan, sehingga perawatan khusus dirasa sangat perlu dilakukan. tidak susah dan tidak membutuhkan biaya yang mahal untuk merawat batterai kendaraan anda, silahkan ikuti tips dibawah ini :
lintaspayment.id
Sumber : https://pixabay.com/en/battery-motorcycle-battery-2870614/

  1. Periksa isi air batterai
    bagi anda pengguna batterai berjinis hybrid dan batterai basah, sebaiknya selalu memeriksa isi air batterai secara berkala, pada umumnya batterai diperiksa setiap 2 sampai 3 bulan sekali. Namun biasanya pengisian batterai sudah di lakukan pada saat melakukan service rutin kendaraan anda.

    apabila didapati batterai berkurang hingga dibawah batas minimal, sebaiknya segera diisi. untuk pengisian air batterai tidak sulit. berikut caranya :

    - Buka Tutup air batterai
    - Gunakan cairan H2SO4 (asam sulfat) atau air batterai (untuk penambahan sebaiknya gunakan air batterai dengan warna botol biru)
    - Masukkan air batterai ke dalam lubang batterai menggunakan corong agar tidak tumpah (perhatikan agar tidak melebihi batas maksimal/ kepenuhan)
    - Bersihkan batterai dari air batterai yang tercecer di luar lubang.
    - Tutup kembali batterai.

  2. Bersihkan Terminal Batterai
    terminal positif dan negatif yang kotor atau terkena timbal mengakibatkan pengaliran daya menjadi tidak maksimal, sehingga saat menghidupkan mobil menjadi sulit dan terkadang menjadi tidak dapat digunakan. cara mudah untuk membersihkan katub batterai sebagai berikut :
    - Masak air secukupnya hingga mendidih
    - Buka baut penghubung terminal (positif dan negatif)
    - Bersihkan terminal dengan sikat besi dan sesekali disiram dengan air panas yang telah dipersiapkan sebelumnya.
    - Lakukan terus menerus hingga benar - benar bersih, baik bagian terminal positif maupun negatif
    - Bersihkan juga baut penghubung dengan cara yang sama
    - Siram dengan air panas hingga bersih
    - Lap hingga kering bagian- bagian yang terkena air panas.
    - Pasang kembali baut penghubung.

  3. Beri Lapisan pada terminal
    Ada baiknya bila terminal yang sudah dibersikan dilapisi dengan minyak khusus yang dibuat khusus untuk suhu tinggi, hal ini berguna untuk menjaga batterai dari korosi, karat dan timbal.

  4. Periksa voltase Batterai
    Pemeriksaan voltase Batterai juga tidak kalah penting, hal ini berguna bila anda akan bepergian jauh, akan sangat merepotkan bila di jalan terkendala dengan batterai. untuk memeriksa voltase batterai, anda dapat meminta kepada mekanik mobil dimana tempat anda biasa melakukan service rutin atau dibawa ke toko batterai. Batterai yang bagus memiliki voltase antara 12,5 sampai 12,6 volt.
Tips diatas sebaiknya anda lakukan secara berkala, selain untuk menjaga agar batterai tetap awet tetapi dapat melancarkan perjalanan anda.


Jenis - jenis batterai mobil

  1. Batterai Basah
    Batterai ini sangat banyak dijual ditoko batterai atau toko peralatan kendaraan bermotor, batterai jenis ini menggunakan cairan didalamnya. pada umumnya batterai basah harganya lebih murah dibanding dengan batterai lain, tetapi memerlukan perawatan khusus seperti tips diatas.

  2. Batterai Kering (MF/Maintanance Free)
    Batteri jenis ini juga banyak di jual, sebagian orang lebih suka memilih batterai ini, dikarenakan tidak memerlukan perawatan khusus, cukup dengan membersihkan terminal dan memastikan voltase cukup saja. batterai ini sangat cocok bagi pengguna yang kurang mengerti perawatan mobil. batterai ini dibandrol harga lebih mahal dibanding batterai basah, tetapi sebanding dengan tidak memerlukan perawatan.

  3. Batterai Kalsium
    Untuk batterai jenis ini sangat jarang dijumpai atau mungkin mendengar namanya pun jarang, batterai ini memiliki kesamaan dengan batterai basah, yang membedakan adalah pada bagian terminal dibuat menggunakan kalsium, sehingga akan lebih tahan menyimpan daya.

  4. Batterai Hybrid
    batterai ini juga jarang ditemukan, prinsip batterai ini adalah penggabungan antara batterai basah dan batterai kalsium. sehingga batterai ini akan jauh lebih bagus dibanding dengan jenis lain. baik dari sisi ketahanan penyimpanan daya maupun dari sisi penguapan cairan yang ada didalam batterai.
  5. Batterai GEL
    teknologi semakin canggih, segala aspek dipertimbangkan, baik dari sisi ketahanan, ramah lingkungan dan keamanan. khususnya batterai Gel adalah jenis batterai paling mutakhir. batterai ini menggunakan gel didalamnya sebagai pengganti air batterai. sehingga batterai ini bebas dari perawatan, tidak akan merusak komponen lain ketika air batterai tumpah dikarenakan menggunakan gel. namun batterai ini masih sangat jarang di jumpai di toko toko batterai ataupun toko peralatan kendaraan. dan yang pasti, batterai jenis ini memiliki harga yang jauh lebih mahal dibanding dengan batterai jenis lain.

No comments:

Post a Comment

New - Tips Menghemat Bahan Bakar - Bahlul TV

Situasi atau kondisi padatnya lalu lintas yang di akibatkan jumlah kendaraan melampaui kapasitas jalan menjadikan kemacetan tak terhindarkan...